Inilah Rapor Pemain Barca di El Clasico Teranyar - TULARIN --> >

19 Desember 2019

Inilah Rapor Pemain Barca di El Clasico Teranyar

Inilah Rapor Pemain Barca di El Clasico Teranyar


Tularin.com | Barcelona - Laga El Clasico edisi 179 di La Liga antara FC Barcelona dan Real Madrid berakhir nihil gol, Rabu (18/12/2019) waktu setempat, atau Kamis dini hari WIB. Tak pelak, Ernesto Valverde sebagai pelatih tim tuan rumah hingga beberapa pemain mendapatkan sorotan media-media internasional.

Dalam laga tersebut, hanya sebagian kecil pemain Los Azulgrana yang mendapatkan penilaian positif dari kalangan pers di dunia sepak bola. Selain Lionel Messi, terdapat Marc-Andre Ter Stegen, Gerard Pique, dan De Jong yang mendapatkan nilai 8 (delapan).

Sedangkan pemain lain, dari Antoine Griezmann, Luis Suarez, sampai dengan Lenglet hanya mendapatkan nilai enam sampai dengan lima.

Ter Stegen yang menjadi kiper di laga ini mendapatkan nilai delapan karena ia melakukan beberapa intervensi penting di laga tersebut. Banyak serangan dilakukan Barcelona pun diawali dari gebrakannya di depan gawang tuan rumah.

Pique sendiri di lini pertahanan, sempat mencatat penampilan menentukan saat ia menghalangi tandukan Casemiro. Permainan bek tersebut di laga ini dinilai istimewa, sehingga ia pun mendapatkan nilai 8 dari pengamat sepak bola Spanyol.

Samuel Semedo meendapatkan nilai lima, lantaran beberapa kali ia terlihat kerepotan dalam menanggulangi tusukan pemain lawan. Selain itu, ia sendiri kurang terlibat dalam melakukan serangan.

Lenglet yang juga bermain di lini pertahanan sempat diganjar kartu karena menjegal Isco Alarcon, selain juga Raphael Varane yang berisiko mendatangkan penalti untuk lawan. Ia bahkan tak banyak melakukan sapuan atas serangan lawan ke arah gawang timnya. Alhasil, bek asal Prancis ini hanya mendapatkan nilai 5.

Jordi Alba juga mendapatkan nilai tidak menggembirakan karena permainannya terbilang kurang menonjol. Bahkan saat ia mendapatkan passing dari Messi pun, ia tak mampu menerima dengan baik hingga disampai Thibaut Courtois. Maka itu ia hanya mendapatkan nilai 6 dari laga ini.

Ivan Rakitic di lini tengah juga tidak cukup menonjol. Ia baru sedikit terlihat punya peran di babak kedua saja. Maka itu, ia hanya mendapatkan nilai .

Sergi Roberto terlihat kurang bermain nyaman di lapangan tengah. Bahkan beberapa kali ia tersandung masalah out of position. Maka itu, Roberto hanya mendapatkan nilai 5 atas kiprahnya yang kurang bagus di laga ini.

De Jong mendapatkan nilai 8 karena di lapangan tengah hanya dialah yang mampu membawa pengaruh penting dalam permainan timnya. Tak hanya itu, dalam permainan satu dua dengan Luis Suarez, ia sempat melayangkan tembakan ke gawang Courtois.

Messi sendiri paling banyak menunjukkan kerja keras dibandingkan rekan-rekan setimnya. Ia sering terlihat banyak berperan di lapangan tengah, di samping juga aktif dalam melakukan serangan. Messi juga sempat mendapatkan passing cantik dari Griezmann, namun tak leluasa dikonversikan menjadi gol.

Griezmann yang bersamanya di lini depan hanya mendapatkan nilai 6, karena ia justru lebih sering berperan dalam bertahan alih-alih seimbang dengan tugas utamanya sebagai penyerang. Tidak banyak serangan mampu ia lakukan. Jika ada aksi menonjolnya hanyalah saat memberikan passing kepada Messi.

Luis Suarez pun setali tiga uang. Ia disorot cuma karena keseringan tergelincir, dan kurang mendapatkan kesempatan dalam membangun dan melakukan serangan. Meskipun begitu, ia mendapatkan apresiasi karena usaha kerasnya cukup terlihat di laga ini.*** (R1)

Editor: Zulfikar Akbar
Foto: AS

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TULARIN | All Right Reserved