El Clasico Nihil Gol, Barca dan Valverde Terancam - TULARIN >

19 Desember 2019

El Clasico Nihil Gol, Barca dan Valverde Terancam

El Clasico Nihil Gol, Barca dan Valverde Terancam


Tularin.com | Barcelona - Meskipun laga yang berakhir tanpa gol di Camp Nou, Rabu (18/12/2019) waktu setempat atau Kamis dini hari (19/12/2019) WIB, namun suara kekecewaan lebih menonjol di pihak penggemar FC Barcelona. Laga El Clasico yang mempertemukan Barca dengan Real Madrid mendapatkan banyak sorotan hingga kritikan tajam kepada tim tuan rumah.

Salah satu pemicunya tentu saja lantaran di tengah situasi yang terbilang genting, karena persaingan di klasemen yang semakin ketat, namun Los Azulgrana terlihat tidak mampu menampilkan strategi berbeda untuk memaksa Madrid pulang dengan kekalahan. Yang terjadi justru Madrid sempat mencuri satu poin tanpa perlu bersusah payah mencetak gol.

Tentu saja, dengan hasil ini, kedua tim yang terkenal sebagai dua musuh bebuyutan di Liga Spanyol kini kembali mencatat poin setara, 36 poin.

Keunggulan Barca saat ini hanya dalam selisih gol yang mencapai 23 gol, saat Madrid hanya mencatat selisih gol dalam 17 jornada sebanyak 21 gol.

Tak pelak, fakta-fakta tersebut semakin mengukuhkan bahwa posisi Barca di puncak klasemen semakin tidak nyaman. Belum lagi fakta bahwa dari sisi pelatih pun, Zinedine Zidane (47 tahun) jauh lebih unggul dibandingkan pelatih Barca, Ernesto Valverde (55 tahun).

Sederet trofi diraih Zidane, dari La Liga sampai dengan Liga Champions, cukup menjadi bukti superioritas dimiliki pelatih Los Blancos tersebut.

Patut dicatat, sejak meraih Piala Super Spanyol (2017) dan La Liga (2016/17), Zidane pun telah tiga kali membawa pulang trofi paling bergengsi di Eropa, Liga Champions, dari 2015/16 sampai dengan musim 2017/18. Belum lagi gelar Super Eropa dan Piala Dunia Klub, tak ayal kualitas Zidane jauh lebih meyakinkan dibandingkan Valverde.

Maklum, meskipun telah menukangi Barca sejak 2017, namun Valverde sejauh ini baru meraih dua gelar La Liga (2017/18 dan 2018/19), Piala Raja (2017/18), dan Piala Super Spanyol (2018). Torehan ini tentu saja tak dapat disandingkan dengan raihan Zidane.

Artinya, di atas kertas lagi-lagi Zidane jauh lebih meyakinkan dibandingkan Valverde. Tampaknya ini juga yang memantik kecemasan di kalangan penggemar Barca, hingga di media sosial sempat muncul tagar #ValverdeOut, karena gelagat bahwa klub Katalunya ini punya kemungkinan tersalip di laga-laga tersisa, dari posisi pemimpin klasemen.

Sedangkan jika di lihat dari laga teranyar di El Clasico, Barca pun tak leluasa menguasai bola. Madrid justru unggul dalam ball possession dengan mencatat 51 persen.

Bahwa di luar stadion dilaporkan kondisi kota Barcelona sendiri dibayang-bayangi kericuhan, Valverde sendiri tak mempersoalkannya. Bahkan ia memastikan hal itu bukanlah penyebab terjadinya gangguan atas pemainnya.

"Soal di luar stadion, biarkan saja orang menyatakan pendapat mereka. Konsentrasi kami hanya pada sepak bola," kata dia, menjelang laga tersebut. Sayangnya, penegasannya bahwa dirinya dan tim mampu berkonsentrasi penuh, tidak terbukti. Barca gagal memetik poin penuh di kandang sendiri.

Tentu saja, dalam sejarah El Clasico yang berlangsung di kandang Barca, terutama pada ajang La Liga, hasil imbang kali ini merupakan kali ke-20 terjadi. Kontras dengan di Santiago Bernabeu, pada ajang La Liga, Madrid hanya 15 kali membiarkan Barca pulang dengan hasil imbang.

Tak pelak, dengan satu poin dari markas Los Azulgrana, tentu saja menjadi raihan penting bagi pasukan Zidane. Sebab, dengan 17 laga di liga yang baru berjalan, peluang Madrid untuk menyalip Barca masih sangat terbuka. Jadi, apakah #ValverdeOut seperti suara warganet, atau menunggu Barca terjungkal dari posisi pemimpin klasemen? Kita lihat saja.*** (R1)

Editor: Zulfikar Akbar

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TULARIN | All Right Reserved