Tumpas Raksasa La Liga, Valencia Juara Piala Raja - TULARIN >

26 Mei 2019

Tumpas Raksasa La Liga, Valencia Juara Piala Raja

Tumpas Raksasa La Liga, Valencia Juara Piala Raja

Akhirnya Stadion Benito Villamarin menandai torehan penting bagi Valencia CF. Pasukan Marcelino Garcia Toral sukses menumpas FC Barcelona berkat gol-gol Kevin Gameiro dan Rodrigo Moreno. Masing-masing terjadi di menit ke-21 dan menit ke-33. Los Che keluar sebagai juara Copa del Rey (Piala Raja) musim 2018/19.

Seperti diramalkan sebelumnya (di sini) Barcelona memiliki banyak beban sebelum menghadapi laga puncak Piala Raja. Selain masalah kesulitan mencetak gol, juga rapor lawan, Valencia, sepanjang menghadapi Barca musim ini pun terbilang istimewa, karena selalu mampu mengimbangi klub Katalunya tersebut.

Selain itu, ketergantungan terhadap Leo Messi masih sangat tinggi. Sementara penyerang asal Argentina ini sendiri hanya mampu mencetak satu gol yang terjadi di babak kedua, atau menit ke-73.

Valencia pun memiliki semangat besar untuk bisa meraih gelar pada musim ini setelah memastikan tempat keempat di La Liga. Terlebih lantaran kondisi tim yang bermarkas di Mestalla pada musim ini terbilang sangat baik, kontras dengan Barcelona yang mengalami keadaan buruk dengan banyaknya pemain cedera.

Ernesto Valverde tak bisa menurunkan Marc-Andre ter Stegen di gawang karena masalah fisik. Beberapa pemain seperti Nelson Semedo sampai Philippe Coutinho terpaksa dimainkan meskipun belum pulih sempurna.

Meskipun di lini tengah terdapat Sergio Busquets yang terkenal sebagai "dewa" dalam menjaga distribusi bola, namun tak leluasa memastikan Messi mendapatkan pasokan bola memadai. Ivan Rakitic pun tidak menunjukkan performa maksimal, hingga ia ditarik keluar di babak kedua dan digantikan Carles Alena.


Berbeda halnya dengan Valencia, mereka dapat bermain maksimal karena hampir seluruh pemain utama dapat tampil menghadapi Messi dan  kawan-kawan. Maka itu, sejak babak pertama mereka sudah memastikan dua gol, sekaligus gol penentu kemenangan.

Tampaknya Marcelino sebagai pelatih Los Che, sudah meraba kelemahan Barca setelah dua pertemuan di liga selalu berakhir imbang. Tim Katalunya itu memiliki kelemahan dalam memanfaatkan awal laga, dan ini justru dimanfaatkan dengan maksimal oleh Valencia.

Maka itu, Gameiro dan Rodrigo dapat dengan leluasa melesakkan dua gol ke gawang Barca, saat tim lawan tak berdaya memberikan balasan kecuali dengan satu-satunya gol Messi.

Bagi Valencia, setelah lebih dari 10 tahun, baru kali inilah mereka bisa kembali menjuarai Piala Raja.

Sebelumnya, kali terakhir Los Che meraih gelar di ajang tersebut terjadi pada musim 2007/08. Namun laga final pada saat itu, Kelelawar Mestalla berhadapan dengan Getafe, dan berlangsung di markas Atletico Madrid, Vicente Calderon.
Gameiro dan Rodrigo, dua bintang kesuksesan Valencia di Piala Raja
Namun catatan Valencia saat meraih gelar ketujuh Piala Raja pada 2008 pun tidak lepas dari Barcelona. Saat itu Valencia lolos ke final pun setelah lebih dulu menumpas Barca dengan agregat 4-3, lantaran setelah imbang 1-1 di leg pertama, mampu mereka menangkan 3-2 di leg kedua.

Sedangkan di laga final saat itu, Valencia menang 3-1 atas El Geta berkat gol-gol dari Juan Mata, Alexis Delgado, dan Fernando Morientes.

Praktis, sejak eranya Morientes, baru kini di eranya Gameiro dan kawan-kawan, Los Che bisa kembali mencicipi gelar Piala Raja.

Tentu saja, Marcelino terlihat paling semringah di balik keberhasilan timnya dalam menumpas Barca dan menggondol trofi Piala Raja. "Ini adalah gelar pertama saya sebagai pelatih profesional. Sekarang, saya menjadi orang paling bahagia di dunia," katanya.

Sedangkan Valverde di bangku pelatih Barca mengalami dua pukulan berat sekaligus. Selain gagal meraih gelar Piala Raja, juga menghadapi desakan untuk mundur.***

Editor: Zulfikar Akbar
Foto: Standar.co.uk

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TULARIN | All Right Reserved