Bintang Liverpool di Liga Champions itu Bernama Sadio Mane - TULARIN >

30 Mei 2019

Bintang Liverpool di Liga Champions itu Bernama Sadio Mane

Bintang Liverpool di Liga Champions itu Bernama Sadio Mane


Sadio Mane berterus terang, kegagalan timnya menghadapi Real Madrid di final Liga Champions musim lalu sangat mengecewakan. Musim ini, Liverpool kembali ke final dan akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur, Sabtu (1/6/2019) waktu setempat atau Minggu (2/6) WIB.

Pemain berusia 27 tahun ini pantas menjadi perhatian, karena pada final lawan Madrid, dialah satu-satunya pemain Liverpool yang mampu mencetak gol. Logis jika dirinya juga yang paling kecewa karena golnya tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan, karena akhirnya justru gelar Liga Champions tetap menjadi milik Madrid.

Namun kali ini ia menegaskan optimismenya bahwa Liverpool akan mampu mengukir catatan jauh lebih baik. Alasan optimismenya, menurut Mane, karena perjalanan timnya di ajang terbesar Eropa tersebut sudah menjadi bukti kualitas timnya musim ini.

Ia menunjuk bagaimana satu persatu tim-tim raksasa Eropa tumbang di kaki Liverpool. Sebut saja Napoli, Bayern Muenchen, Porto, sampai dengan Barcelona di semifinal. Menurut dia, hal inilah yang menjadi bukti bagaimana kekuatan timnya.

Setelah mengalahkan Napoli 1-0  pada Desember lalu, meskipun dengan agregat 1-1, namun Liverpool memang melaju mulus hingga ke final.

Salah satu catatan fenomenal The Reds musim ini, setelah imbang tanpa gol di Anfield saat menjamu Muenchen, namun mereka mampu menumpas klub Bundesliga tersebut 3-1 saat bertandang ke markas lawan.
Sadio Mane setelah berperan menumpas raksasa Jerman, Bayern Muenchen

Patut dicatat, dalam kemenangan prestisius di Allianz Arena saat itu, Sadio Mane menjadi salah satu aktor penting. Sebab, dialah pemilik dua dari tiga gol The Reds saat itu. Sementara satu gol lainnya dicatat oleh Virgil van Dijk. Sementara Mohamed Salah hanya berperan sebagai penyumbang assist untuk gol terakhir Mane kala itu.

Dia mengungkapkan bahwa saat ini tidak ada yang lebih ia fokuskan kecuali memastikan tampil dengan performa maksimal di laga final kali ini. Bahkan saat ia ditanyakan seputar adanya beberapa klub besar dunia seperti Madrid yang berminat terhadapnya, ia tidak terlalu menggubrisnya.

Catatan Sadio Mane Lawan Tottenham
Jumlah Laga                    Menang                    Imbang                      Kalah                        Gol
94322

"Bagi saya, hal yang jauh lebih penting saat ini adalah fakta bahwa saya sekarang masih bersama Liverpool dan saya sangat senang di sini," katanya. "Kemudian, saya juga masih terus mempersiapkan diri untuk salah satu laga terbesar dari semua laga."

Bagi dia, setelah pengalaman terpukul musim lalu oleh Madrid, fokus saat ini adalah memastikan kemenangan. "Kami hanya fokus ke sini dulu. Fokus pada bagaimana memastikan agar bisa memenangkan laga ini," kata dia lagi.

Saat ditanyakan seputar seberapa yakin dirinya akan mampu meraih kemenangan kali ini, dia lantas menunjukkan bagaimana The Reds melewati semua tim-tim besar yang jadi lawannya. Selain menumpas Muenchen, timnya juga mampu melakukan revans atas Barcelona.
Saat Liverpool menumbangkan Barcelona 4-0 di semifinal Liga Champions 

Bagaimana tidak, di laga pertama, banyak kalangan meramalkan tidak ada harapan lagi bagi The Reds setelah ditumbangkan 3-0 oleh tim Katalunya tersebut. Namun akhirnya, di leg kedua, pasukan Juergen Klopp mampu membuktikan mampu melakukan hal di luar dugaan. Liverpool menampar Barca  4-0.

Di laga yang menentukan kelolosan The Reds ke final Liga Champions tersebut, beberapa pemain menunjukkan peranan istimewanya. Divock Origi jadi pembuka dan pemilik gol penutup, Giorginio Wijnaldum menyumbang dua gol.

Torehan-torehan inilah, menurut Mane, meyakinkan timnya akan mampu menguasai laga final kali ini. "Kami sudah menaklukkan tim-tim besar," kata dia. "Lagipula, setelah gagal menjuarai Liga Primer, saatnya kami habis-habisan mengejar trofi tersisa--Liga Champions."

Peran Sadio Mane di Liga Champions
Musim            Klub                                  Mnt    Tpl  St    In    Out   Cad Gol Kt
2018/19LiverpoolUCL106212120304200
2017/18LiverpoolUCL1117131306010200

Dia tak menampik bahwa kegagalan musim lalu lawan Madrid masih menyisakan kekecewaan baginya, namun ia menegaskan tidak akan terpaku dengan itu.

"Kami memang sedikit kecewa atas apa yang terjadi musim lalu, karena kami juga sangat ingin memenangkan Liga Champions," kata dia. "Tapi, ini bukan masalah. Itu sudah menjadi hal lumrah dalam dunia sepak bola. Jadi, sekarang yang diperlukan adalah bagaimana kami tetap bersikap positif--tidak larut dalam bayangan musim lalu.

Mane juga sempat menyindir kalangan media terkait pandangan pers atas timnya. Namun ia mengaku tidak menggubrisnya.

"Memang banyak orang, termasuk Anda (kalangan media), yang tidak yakin bahwa kami akan kembali tampil ke final, tapi akhirnya kami tetap mampu meraihnya," kata Mane. "Sekarang, saya kira, kami sudah belajar banyak dari semua ini, dan saya berharap bisa menjadikan pengalaman kami musim ini untuk meraih posisi yang kami inginkan."*** (Dbs/Tim)

Editor: Zulfikar Akbar

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TULARIN | All Right Reserved