Rahasia Kunci Zuckerberg Raup Kekayaan 876 Triliun dari Facebook - TULARIN >

22 April 2019

Rahasia Kunci Zuckerberg Raup Kekayaan 876 Triliun dari Facebook

Rahasia Kunci Zuckerberg Raup Kekayaan 876 Triliun dari Facebook


Jakarta | Tularin.com - Pendiri sekaligus pemilik media sosial "sejuta umat" Facebook, Mark Zuckerberg, akhirnya terpilih sebagai tokoh berpengaruh di dunia versi Time 100. Tak hanya itu, pria yang acap disapa dengan Zuck ini pun berada di barisan orang paling kaya dari 100 tokoh dalam daftar tersebut.

Dalam daftar Time 100, Zuck masuk ke dalam kategori titans bersama figur publik yang mendunia seperti pesepak bola Mohamed Salah, atlet basket LeBron James, atlet golf Tiger Woods, sutradara Ryan Murphy, Bob Iger (bos Disney), sampai Jerome Powell (pemimpin Federal Reserve atau Bank Sentral Amerika Serikat).

Dalam tulisan persembahan yang ditulis Sean Parker--sosok yang juga pernah jadi partner Zuckerberg--ia mendapatkan banyak catatan positif.

"Mark may have changed the world more than any living person, so it’s surprising how little success has changed him. He is still the slightly shy, affable person I met 15 years ago," kata Parker dalam testimoninya tentang bos Facebook tersebut.

Ya, menurut Parker, rasanya tidak berlebihan jika menyebut bahwa Zuckerberg saat ini sebagai sosok paling berpengaruh dalam membawa perubahan dunia. Bahkan, menurutnya, pendiri Facebook itu adalah figur teratas di antara semua orang yang masih hidup hari ini.  

Meskipun begitu, Zuck di mata Parker tidak berubah, karena tetap berusaha biasa-biasa saja sekalipun telah menjadi "raksasa" di mata dunia.

"Dia masih orang yang agak pemalu, ramah, seperti yang saya temui 15 tahun lalu," ungkap Parker.

Parker juga menilai Zuckerberg bukanlah sosok materialistis. Bahkan di California, pendiri Facebook itu cuma hidup di rumah yang terbilang sederhana untuk seorang pria muda yang memiliki kekayaan triliunan rupiah.

"For many of us, the world that Facebook helped create was the ultimate lesson in unintended consequences. Nobody could have predicted the impact that it would have when billions of people began using it, especially once they had a connected device within reach at all times," kata Parker lebih jauh.

Sean Parker sendiri berterus terang tidak pernah membayangkan betapa besarnya pengaruh Zuckerberg lewat Facebook yang didirikannya. Pasalnya media sosial itu saat ini sudah menjangkau ratusan juta masyarakat dunia dari berbagai negara.

Namun Parker yang juga seorang pengusaha dan terlibat dalam mendirikan Facebook, juga menyebutkan dari mana seorang Zuckerberg mendapatkan gagasan itu. Ia bahkan mengaku sangat terkenang ketika pada 2004 silam, setelah makan malam, sempat berbicara dengan Zuck, hingga tahu apa yang menjadi motivasinya dengan Facebook yang ia dirikan.

"Dia hanya ingin membawa kebaikan lebih besar," kata Parker dalam catatan testimoninya kepada Time. 

Sebagai catatan, saat ini Mark Zuckerberg kini sudah tercatat sebagai orang terkaya kedelapan dunia versi Forbes 2019. Hanya dengan Facebook yang ia gagas, kini kekayaannya mencapai USD 62,3 miliar atau Rp 876 triliun berdasarkan kurs Rp 14.000 per USD.* 

Editor: Zulfikar Akbar
Sumber Foto: Engadget.com


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 TULARIN | All Right Reserved