dunia lain untuk bicara

14 November 2017

Perjalanan Barcelona Mewarnai Piala Dunia

BARCELONA – FC Barcelona memiliki pemain lebih banyak dari biasanya yang akan tampil di Piala Dunia 2018. Setidaknya ada 16 pemain dari klub Katalunya ini yang dipastikan akan tampil di event terbesar dunia tersebut di Rusia pada musim panas mendatang. Dalam sejarah Piala Dunia, inilah kali pertama Barcelona menyumbang pemain dalam jumlah paling banyak.
            
Sejak Piala Dunia di Uruguay pada 1930, hingga saat ini telah ada 115 pemain Barcelona yang berpartisipasi di fase final Piala Dunia. Sedangkan pada era 1980-an, kontribusi Barcelona di Piala Dunia tidak terlalu besar. Kali terakhir mereka menyumbang pemain paling banyak hanya di Piala Dunia Cile pada 1962, namun hanya mencapai tujuh pemain.
           
Setelahnya pada 1994 di Amerika Serikat pun menjadi penanda before and after bagi Barcelona. Pasalnya sejak itu Barca hampir selalu mengirimkan minimal 10 pemain di fase final kecuali pada Piala Dunia 2006. Belakangan, partisipasi terbesar Los Azulgrana pesta sepak bola dunia itu hanya di Piala Dunia Afrika Selatan 2010, di mana mereka menyumbang 14 pemain, dan setengah dari jumlah itu adalah pemain asal Spanyol.
            
Maka itu jika tak ada masalah hingga bulan Juni nanti, akan ada lebih banyak pemain lainnya yang berlaga di Rusia. Paling tidak, sejauh ini tercatat ada 15 pemain mereka yang telah menuntaskan pekerjaan rumah di timnas masing-masing, dan dinilai layak untuk tampil di Rusia pada tahun depan.
            
Dari para pemain tersebut terdapat Lionel Messi dan Javier Mascherano (Argentina), Jose Paulinho (Brasil), Luis Suarez (Uruguay), Gerard Pique, Sergio Busquets, Jordi Alba, Andres Iniesta (Spanyol), Marc-Andre Ter Stegen (Jerman), Samuel Umtiti, Lucas Digne, dan Ousmane Dembele (Prancis), Thomas Vermaelen (Belgia), Nelson Semedo dan Andre Gomes (Portugal). Selain itu juga ada Ivan Rakitic yang baru saja meloloskan Kroasia ke Rusia.
            

  Persoalan yang menjadi ganjalan sekaligus masih menjadi tanda tanya adalah jika ada kasus cedera serius, penurunan kinerja, atau keputusan tak terduga dari masing-masing timnas. Atau bahkan, jika ada kemungkinan pemain sendiri yang membuat adanya perubahan di menit-menit terakhir menjelang pemanggilan ke Piala Dunia. 

Sebab, pada 2010, terdapat Pedro Rodriguez yang bahkan baru dipanggil di saat-saat terakhir untuk membela timnas Spanyol di Piala Dunia Afrika Selatan.
            
Dari para pemain tersebut, Mascherano menggarisbawahi keberadaan kompatriotnya, Messi, di Piala Dunia. Pasalnya ia akhirnya kembali meski sempat mengumumkan pensiun dari timnas. Bahkan bulan lalu dia berperan penting hingga Argentina lolos ke Piala Dunia. 

“Saya berharap, jangan sampai kami harus mengalami kondisi—menghadapi turnamen besar—tanpa Messi. Sekarang, laga-laga di jeda kompetisi bisa menjadi momen pelatih menemukan lebih banyak pemain—dan mungkin ada lebih banyak pemain Barca di Piala Dunia nanti,” kata bek tersebut.***
Posting Komentar
Adbox