dunia lain untuk bicara

15 November 2017

Para Pemain Seribu Menit Atletico

MADRID – Sebelas pertandingan La Liga dan empat laga di Liga Champions dengan satu laga Piala Raja telah dijalani Atletico Madrid musim ini. Secara keseluruhan Los Rojiblancos telah menjalani pertandingan selama 1.440 menit. Namun dari semua pemain hanya ada enam di antaranya yang telah mendapatkan lebih dari seribu menit bermain.
            
Dari para pemain yang memiliki menit tampil paling tinggi itu, Saul Niguez di posisi gelandang menjadi pemilik menit terbanyak, mencapai 1.382. Ia hanya bersaing dengan Jan Oblak yang berperan sebagai kiper dan telah mencatat 1.350 menit. Selebihnya, juga ada Antoine Griezmann, Diego Godin, Thomas Partey, dan Stefan Savic.
            
Saul yang berstatus sebagai pemain cantera alias didikan Akademi Atletico, menjadi pemain paling menonjol hingga ia kembali dipanggil tim nasional Spanyol. Musim ini dia terlibat di semua pertandingan timnya, baik di La Liga, Liga Champions, hingga ke Piala Raja. Ia menjadi pemilik menit tampil tertinggi lantaran Oblak sebagai kiper tidak dimainkan di laga pertama Piala Raja saat lawan Elche.
            
Menonjolnya Saul ditengarai tidak lepas dari kondisi yang terjadi atas beberapa pemain, terutama Koke Resurreccion yang bahkan absen dalam enam laga terakhir. Sejauh ini, peran Koke sebagai jenderal lapangan tengah acap dinilai hanya mampu dimainkan oleh Saul.  Namun Koke sendiri absen di enam laga tersebut karena mengalami cedera otot saat menghadapi Barcelona pada bulan lalu.
            
Jan Oblak, kiper Atletico sangat diperhitungkan di Spanyol
Di sisi lain, Griezmann, Godin, Thomas, dan Savic telah absen di beberapa pertandingan. Sebut saja Griezmann sebagai penyerang sempat absen di laga lawan Las Palmas dan Valencia setelah mendapatkan kartu merah di pertandingan lawan Girona. Tak hanya itu, kinerja buruknya musim ini pun telah membuatnya empat kali ditarik keluar sebelum laga bubar.
            
Sementara Godin tak tak bisa tampil di Stadion Montilivi karena menjalani sanksi yang dijatuhkan pada musim lalu. Dia pun tak bermain di pertandingan lawan Valencia dan Sevilla, selain juga tak dipanggil untuk perjalanan ke Elche. Sama halnya Godin, Thomas pun tidak tampil saat Atletico menghadapi Girona, dan hanya tampil penuh dalam delapan laga.
            
Terkait Thomas, absennya Yannick Carrasco di posisi sayap menjadi jembatan baginya untuk mendapatkan posisi sebagai pemain andalan. Carrasco sendiri belum pernah lagi tampil sejak cedera di pertandingan Liga Champions pada bulan lalu, saat berhadapan dengan Qarabag karena masalah di bagian lututnya.
            
Bagaimana dengan Savic di lini belakang? Pemain asal Montenegro ini setidaknya  telah mengumpulkan 1008 menit setelah absen di pertandingan lawan Malaga di La Liga, dan dua pertandingan Liga Champions ketika Atletico berhadapan dengan Chelsea dan Qarabag.

            
Sekarang dengan kemungkinan Carrasco dan Koke pulih lebih cepat, ada potensi bagi beberapa pemain harus kembali bersaing ketat untuk mendapatkan posisi. “Carrasco dan Koke sudah mulai kembali bekerja di timnya—berlatih. Pemain sayap dan gelandang tersebut sudah memasuki tahap akhir pemulihan.” rilis pihak klub, Selasa lalu.***
Posting Komentar
Adbox