dunia lain untuk bicara

06 November 2017

Ada Sensasi Burj Khalifa di Jakarta

Burj Khalifa masih menjadi bangunan paling megah yang ada di Dubai. Bangunan itu paling sering menjadi buah bibir banyak orang, dari yang sering bepergian ke luar negeri, atau bahkan hanya melihatnya lewat internet. Namun di luar kemegahan menara tertinggi di dunia yang ada di Uni Emirat Arab ini, kuliner yang ada di negara itu juga juga mampu mengundang selera banyak orang.

Jika berkunjung ke Burj Khalifa mengharuskan Anda untuk terbang ke Dubai, ada sensasi dari kota itu yang bahkan dapat Anda cicipi di ibu kota negara kita sendiri, Jakarta. Ya, tak lain adalah makanan khas dari Dubai, yang dapat Anda nikmati tanpa harus lebih dulu terbang ke negara yang berbatasan dengan Oman dan Arab Saudi tersebut.

Kebetulan, saya menjadi salah satu yang turut mencicipi kenikmatan kuliner Dubai tersebut, bertepatan dengan grand opening Resto Halal dari Dubai, Chicking.

Foto dulu di depan makanannya, siapa tahu kelak ke Burj Khalifa hehe
Chicking sendiri memang lahir di Dubai dan kali pertama dibuka pada tahun 2000, dan kini telah berkembang di banyak negara. Bahkan terdapat 100 gerai yang tersebar di Dubai, Oman, India, Afghanistan, Maldives, Pantai Gading, Pakistan, Malaysia, dan Inggris. Bahkan dalam waktu dekat, mereka  pun akan merangsek hingga ke Selandia Baru.

Gerai yang saya datangi, Minggu (5/11/2017), baru-baru ini di Mall@Bassura adalah gerai kedua yang hadir di Indonesia di bawah bendera Chicking, dengan lisensi yang kini dipegang oleh PT. Ayam Top Dubai. Sebelumnya, mereka lebih lebih dulu membuka gerai tersebut di Surabaya, yang juga merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia.

Chicking di Mall@Bassura sendiri memang baru dibuka kali pertama pada 26 Oktober 2017, atau persis lima bulan sejak gerai itu dibuka di Surabaya pada 19 Mei 2017. Gerai Chicking di Surabaya sendiri berada di Royal Plaza, tepatnya di lantai dasar A1-18, berada di Jalan Ahmad Yani 18.
Saat grand opening Chicking Indonesia di Mall@Bassura
Sedangkan di Mall@Bassura berada di depan Cinema XXI, di Lantai 2 mal yang berada di Jalan Basuki Rahmat, yang tak jauh dari UKI. Di mana lagi Anda bisa menemukannya? Ya, di Lulu QBig Bumi Serpong Damai, Serpong, Tangerang, pun bisa menjadi destinasi Anda untuk memuaskan petualangan "icip-icip", sekaligus memperkaya referensi rasa.
***
Tentu saja, bisa berada di grand opening Chicking Indonesia menjadi hal berkesan sendiri, setidaknya bagi saya pribadi yang memang baru kali pertama mencicipi makanan khas Arab. Tak hanya makanan, teh khas Arab dan kopi khas kawasan Timur Tengah itu pun tak terlewatkan. Khas, karena kopi yang diracik menyajikan rasa jauh berbeda dari kopi umumnya yang banyak dijual di sudut-sudut Jakarta.

Nah, hampir terlewatkan soal makanan tersaji di sana. Saya sendiri sempat mencicipi ayam dengan dua jenis, Flaming Grilled Chicken dan Original Fried Chicken.

Dari dua menu tersebut, yang paling menarik perhatian saya sendiri adalah Original Fried Chicken. Sejujurnya bikin penasaran, lantaran ayam ini digoreng namun masih terlihat segar, dengan rasa rempah-rempah yang khas. Selain bertekstur lembut dan dilapisi tepung roti dan tepung putih dengan bumbu gurih, juga digoreng hingga warna coklat keemasan.

Untuk tipe Original Fried Chicken ini sendiri juga tersedia versi pedas bagi Anda yang gemar goyang lidah.

Jika Original Fried Chicken paling menarik perhatian saya, sedangkan yang paling menggugah selera saya sendiri sih adalah Flaming Grilled Chicken. Sebab menu ini adalah ayam yang memang telah direndam lebih dulu dengan bumbu rahasia mereka, selain juga dipanggang dengan tingkat panas terbilang sempurna.

Bagaimana tidak, menu ini dapat Anda nikmati meski, misalnya, Anda punya masalah dengan gigi yang tak terlalu kuat. Sebab kelembutan daging ayam pada menu jenis ini dapat dinikmati oleh siapa saja. Selain, tentu saja, Anda pun tak perlu mengunyah terlalu lama untuk dapat menelannya.

"Ini memang kami kreasikan begitu rupa, sebab terlepas ini adalah makanan cepat saji, namun kami ingin menjadikan menu-menu kami sebagai makanan yang sehat," kata Bambang Wahyu, yang merupakan Presiden Direktur Ayam Top Sukses, pemegang lisensi Chicking.

Menu tersedia di Chicking pun tentu saja tak hanya dua jenis itu saja. Melainkan juga terdapat Chicking Rice yang juga sudah saya icip di  lokasi hingga ludes. Ini adalah jenis nasi kuning yang disebutkan sebagai kreasi yang terinspirasi dari Nasi Biryani khas Arab dengan beras Basmati yang juga dikenal sebagai beras Arab.

Wajib pakai tangan agar rasa tak hanya dikuasai lidah saja, tapi juga dibagi dengan tangan sendiri, kata Andri
Apa yang paling menarik dari Chicking Rice ini adalah aroma dan rasanya yang selaras. Artinya, selain nasinya unik karena lebih panjang dari nasi pada umumnya, pun ia tidak lengket, namun tetap memberikan rasa yang sanggup memberikan kesan takjub bagi siapa  pun yang berpengalaman menjajal berbagai jenis makanan.

Di luar itu, Chicking juga memiliki menu berupa Big Beef Burger, Tandori Burger (memiliki cita rasa khas India), Royal Crunchy dengan pengemasan khas Sandwich Chicking yang tak sekadar lezat tapi juga memiliki tingkat kepedasan yang mampu membuat Anda terkesan.

Ada juga Royal Wrap, Crunchy Supreme yang merupakan fillet ayam dilengkapi selada segar, tangiest asin dan dilapisi saus khas Chicking yang gurih.

Terutama bagi Anda yang tak suka mengunyah berlama-lama, juga ada lagi Chick Pops yang merupakan ayam lembut tanpa tulang. Potongannya pun juga dibumbui rempah yang harum, roti, dan tepung putih, lengkap dengan bumbu klasik Chicking. Kentang goreng khas Chicking pun tak ketinggalan mengisi daftar menu resto asal Timur Tengah ini, yakni Tandoori Fries.

Bagaimana dengan minumannya, di sana ada Dubai Freeze sejenis mocktail khas kota terbesar di Uni Emirat Arab tersebut. Minuman ini memiliki dua varian, yakni Passion Fruit dan Green Apple. 
Mendadak laper ngeliat ini? Ya sudah ke Mall@Bassura saja untuk berburu menu ini
Apa kelebihan minuman ini, ketika es mencair hampir sepenuhnya pun, rasa yang ada di dalamnya takkan hilang begitu saja. Selain, Teh Arab dan Kopi Arab, menjadi dua hal yang patut Anda jajal lantaran menjanjikan rasa yang berbeda. Meskipun di sana, ada juga sajian minuman lain, Kopi Latte dan juga Cappucino, yang dapat dipastikan memiliki rasa yang menantang kualitas selera Anda.

So, jika Anda selama ini terpukau dengan kemegahan Burj Khalifa yang tinggi menjulang ke langit, saya rasa perlu juga menjajal lebih dulu makanan khas dari sana. Sebab jika bangunan itu menembus awan, makanan di resto asal Dubai ini pun dapat melambungkan indra perasa Anda lebih tinggi Burj Khalifa. Tak percaya? Gampang, tinggal Anda jajal saja dulu.
Posting Komentar
Adbox