dunia lain untuk bicara

13 Oktober 2017

Garda Oto Digital: Langkah Baru Asuransi Astra




Digitalized your peace of mind! Kalimat ini terpampang di sebuah ruangan di Ciputra Artpreneur, Selasa (10/10/2017). Saat itu, saya berada di antara ratusan undangan yang hadir menyaksikan peluncuran layanan baru bernama Garda Oto Digital, dan sederet kalimat itu adalah filosofi pihak Asuransi Astra untuk gagasan menyelaraskan diri dengan perkembangan digital.

Acara itu sendiri baru berlangsung lewat tengah hari. Namun sebelumnya, serentetan acara pembuka di luar ruangan utama sudah lebih dulu disemarakkan dengan berbagai kuis dan game yang diadakan pihak pemilik acara tersebut, Asuransi Astra.

Para undangan yang sebagian besar memang berasal dari kalangan muda pun memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada di sana, dari mandi bola yang biasanya untuk anak-anak, kali ini justru disediakan untuk orang dewasa. Dari permainan itu juga tampaknya pihak Astra ingin menegaskan jika ide-ide baru itu lahir untuk memberikan kegembiraan, selain kegembiraan itu sendiri akan membantu lahirnya ide-ide baru.


Ya, yang datang ke acara launching layanan Garda Oto Digital tak hanya satu-dua komunitas, melainkan berasal dari berbagai komunitas. Tak heran jika ruangan yang memiliki luas bersaing dengan ruangan bioskop tersebut terbilang sesak lantaran undangan yang datang berasal dari komunitas mobil, bloggers, media, dan partner mereka sendiri.


Sedikitnya dari acara tersebut diketahui jika layanan Garda Oto Digital memang berangkat dari berbagai prinsip bagaimana membuat pelanggan lebih gampang dalam banyak hal: gampang pilih lokasi klaim (di kantor, di rumah, di mana saja), gampang antar jemput kendaraan (layanan antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan Anda dan antar kembali dari bengkel), gampang pantau status klaim (dengan Garda Mobile Otocare, memantau status perbaikan kendaraan).


Tak hanya diuntungkan dengan itu, bonus demi bonus pun juga disiapkan pihak Asuransi Astra. Setidaknya, hadiah langsung dapat berbentuk E-Toll on Board Unit yang khusus untuk pembelian tipe perlindungan komprehensif, voucher Optik Melawai untuk pembelian tipe proteksi TLO & Comprehensive selama bulan Oktober, sampai dengan dengan hadiah Samsung Galaxy Note 8 (untuk pembelian perlindungan komprehensif). 

Suparno Djasmin, Direktur Astra International, pun tak menampik jika ide-ide baru tersebut bahkan menjadi salah satu penyebab sehingga di tengah gonjang-ganjing isu ekonomi, Asuransi Astra masih mampu tetap menorehkan prestasi.

"Meskipun ekonomi terasa flat dibandingkan tahun kemarin, Asuransi Astra masih berprestasi dengan sangat baik," kata Suparno di depan ratusan undangan yang berasal dari berbagai latar belakang profesi. "Kalau dilihat dari perolehan premi, masih bisa meningkat, baik retail ataupun komersil."

Lebih jauh Suparno juga menyebut jika  pencapaian tersebut juga tidak lepas dari pengelolaan yang dilakukan dengan sangat baik, efisien, hingga bisa memberikan hasil yang baik bagi pemangku kepentingan alias stakeholders.

Suparno juga menjelaskan jika gagasan di balik inovasi yang menyentuh ranah digital kali ini memang tak lepas dari ide melayani. Pelayanan, kata Suparno, menjadi kata kunci. "Sebab sebagai perusahaan asuransi jiwa, hal utama dan paling mutlak adalah membayar klaim, sebagai tugas pihak asuransi," tuturnya saat membuka acara tersebut.


Kata kunci lain yang juga digarisbawahi oleh Suparno adalah inovasi, dan itu telah dilakukan pihak Asuransi Astra selama bertahun-tahun. Ide beraroma digital yang diusung dengan konsep Digitalized Your Peace of Mind, diakui memang berangkat dari keinginan dapat mempermudah nasabah mereka, selain juga membantu publik tak diresahkan oleh berbagai kesulitan.

"Bertahun-tahun, yang dilakukan oleh Asuransi Astra adalah berinovasi. Inovasi dalam layanan, inovasi dalam produk-produk, dan juga inovasi dalam digital," kata Suparno lebih jauh.


Ia juga sempat bercerita bagaimana pihaknya berproses dari menciptakan Garda Mobile Otocare sampai Medcare. Namun Suparno juga memastikan jika pihaknya takkan berhenti berinovasi, agar dapat memberikan yang terbaik untuk para nasabah.

Garda Oto Digital sebagai layanan anyar memang merupakan cara baru dalam berasuransi untuk menjawab digital behavior di tengah pulih. Pihak Astra menunjukkan kejelian mereka pada tuntutan publik yang selama ini memang dimudahkan oleh layanan digital, dari sekadar untuk memesan makanan yang juga dimudahkan dengan itu hingga kebutuhan angkutan.

"Sekarang semua sudah serba digital," Rudy Chen, CEO Asuransi Astra, yang menjadi pembicara pamungkas di acara itu mengakui fakta tersebut. Menurutnya, di mana-mana hampir tak ada yang tidak bersentuhan dengan layanan digital, dan pihaknya tak  ingin melewatkan itu karena menilai dengan teknologi digital itu juga berpotensi lebih memberikan kemudahan bagi khalayak.

Itu juga alasan pihaknya mengusung tagar #MakinGampang di berbagai media sosial dan aplikasi yang mereka luncurkan. Sebab dengan itu, masyarakat dapat membeli polis asuranasi melalui situs  gardaoto.com yang memang dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Termasuk dalam urusan klaim, Garda Oto Digital memberikan keleluasaan kepada masyarakat untuk memilih sendiri lokasi klaim yang diinginkan; di rumah, kantor, atau tempat lainnya. 

Sebut saja misalnya bagi pemilik mobil yang sedang memiliki masalah dengan kendaraannya, maka pemilik tak perlu lagi direpotkan dengan antar jemput mobil ke bengkel. Layanan Garda Oto Digital yang saat ini hanya baru beroperasi diwilayah Jabodetabek, memberikan kemudahan antar jemput kendaraan menuju bengkel, dari lokasi pilihan pelanggan dan diantar kembali setelah diperbaiki.

Agar proses klaim dan perbaikan kendaraan sesuai jadwal pun, ada aplikasi Garda Mobile Otocare yang memang ditujukan membantu pelanggan agar #MakinGampang memantau status perbaikan kendaraan setiap saat.

Di acara itu sendiri, selain peluncuran Garda Oto Digital, Asuransi Astra juga menyempurnakan dua aplikasi mobile yakni Garda Mobile Otocare v3.0 dan Garda Mobile Medcare v.2.0. Apa yang menjadi kelebihan setelah penyempurnaan itu? Tak lain adalah penambahan fitur baru dalam otocare v3.0 seperti Friends, Meet Up, Claim Report, Claim Status, Emergency, hingga Event untku Garda Mobile Otocare. Fitur-fitur tersebut ada di Otocare v3.0.



Sementara untuk Medcare v2.0 pun tak ketinggalan dengan fitur-fitur baru seperti Event, Friends, Meet Up, Challenge, Claim Status, sampai dengan Rating Provider.



Langkah pembaruan itu juga tak lepas dari strategi bersifat nasional yang diterapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berhubungan dengan keuangan inklusif. Tujuannya tak lain untuk membuka akses keuangan sebagai hak dasar masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan.

Maka itu, Rudy Chen sebagai CEO Asuransi Astra mengklaim jika inovasi yang ditampilkan pihak telah menjadi bagian jatidiri mereka. "Inovasi telah menjadi denyut nadi kami, menjadi semangat kami untuk membangun dan menentukan standar baru dalam industri," kata Rudy.

Rudy juga menambahkan jika kebijakan perusahaannya mengedepankan teknologi digital dalam pemasaran dan layanan, juga memudahkan pelanggan. Maka itu selain adanya Garda Mobile Otocare, Garda Mobile Medcare, juga ada Garda Mobile HRakses, Garda Mobile CRakses, Garda Mobile Otosales, dan Garda Mobile Otosurvey.

Menurut Rudy lagi,inovasi yang dilakukan secara berkelanjutan dalam produk dan layanan akan menjadi sarana untuk mencapai visi yang diistilahkan dengan Bring Peace of Mind to Millions. "Saya berharap yang kami lakukan ini dapat memberikan manfaat yang benar-benar berkesan untuk pelanggan sesuai strategi kami tahun ini, yaitu simply memorable," Rudy menegaskan.

"Kalau ditanya kapan bisa beli Garda Oto Digital, katakan besok, lusa, minggu depan, ya kalau bisa sekarang saja," katanya. "Kami memakai pemikiran, semuanya harus makin gampang."*

Untuk informasi lengkap mengenai layanan Garda Oto Digital bisa cek langsung digardaoto.com.***

Posting Komentar
Adbox