dunia lain untuk bicara

18 Agustus 2017

Penantang Raksasa itu Bernama Wuling Motors

Mewah dan elegan, dengan teknologi bersaing menjadi kelebihan Wuling Motors dengan Confero S 
Epos tentang prajurit kecil yang mampu mengalahkan raksasa, menjadi cerita tak asing lagi bagi siapa saja yang sejak kecil terbiasa membaca atau mendengar cerita pengantar tidur. Tapi ini bukan cerita dongeng, bukan pula cerita pengantar tidur. Mereka adalah "prajurit" tadi, Wuling Motors, menggebrak dan menantang raksasa otomotif. Saat berkunjung ke GIIAS 2017 di Tangerang, Kamis (17/8), saya berkesempatan melongok dan merasakan apa yang menjadi kelebihan mereka sehingga  mampu mencuri perhatian di tengah berbagai brand yang lebih dulu dikenal publik.

Mereka tak terlihat sebagai "pendatang baru" yang malu-malu di dunia otomotif. Namun mereka bergerak cepat, mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, hingga berusaha memperlihatkan karakter dan kekhasan yang terbilang bersaing dengan produk otomotif lainnya.

Saat stand Wuling Motors dikerubuti pengunjung GIIAS
Di GIIAS, produk dari Wuling Motors, tetap terlihat gagah di tengah berbagai mereka ternama dari Jepang, Jerman, dan berbagai negara lainnya. Bahkan, meskipun berasal dari Cina, Wuling Motor yang tampil dengan Confero dan Confero S, tetap terlihat luks dan memukau di tengah kepungan merek-merek yang ada di sekeliling mereka.

Sejujurnya ada kekaguman kepada perusahaan asal Cina tersebut. Tentunya bukan karena soal bahwa mereka mampu melahirkan banyak produk, tapi juga memberikan banyak filosofi, bahkan tak kecil hati dan rendah diri di depan banyak "raksasa" mengitari mereka. Tak hanya mereka menonjolkan wajah yang memang berwarna-warni, tapi juga mereka dapat percaya diri karena mengandalkan teknologi yang tampaknya terlihat diandalkan sepenuh hati.

Ada semacam kesadaran kuat bahwa konsumen Indonesia tetaplah tak jauh-jauh dari konsumen umumnya di belahan dunia manapun. Sebagian besar konsumen tetap menginginkan harga terjangkau sekaligus kualitas tak murahan, dan dari sanalah mereka melahirkan produk dan menyasar pasar yang ada.

Confero S menjanjikan tampil tak kalah sporty
Saat bincang-bincang dengan representatif Wuling Motors di area GIIAS, Dian Asmahani (Brand Manager Wuling Motors) dan Arif Ramadhi (Product Planning Specialist Wuling Motors). Mereka menunjukkan komitmen perusahaan tersebut, tak hanya berburu keuntungan namun juga berpegang pada prinsip atas apa yang paling dibutuhkan oleh calon konsumen. 

"Benar bahwa kami terbilang 'wajah baru' di dunia otomotif, tapi kami juga tetap berusaha agar apa yang kami ciptakan dan kami lempar ke pasar tetaplah yang kami nilai paling dibutuhkan pasar. Itulah yang membuat kami percaya diri, karena kami juga menghadirkan produk yang ada dengan teknologi yang tak kalah dari raksasa yang lebih dulu dikenal pasar otomotif," kata Dian.

Itu juga diiyakan oleh Arif sebagai product planning specialist, bahwa salah satu prinsip yang dipegang pihaknya memang berusaha agar yang dihadirkan adalah produk yang murah, "Tapi tidak murahan," kata dia, menegaskan. 

Menurut Arif, ada banyak hal yang diperhatikan cukup detail dari produk yang dilahirkan Wuling Motors. Selain soal harga yang di-setting lebih terjangkau pasar, dalam fitur-fitur yang ada pun tak mau ketinggalan dari produk lain yang terkenal canggih.

Sebut saja Confero dengan berbagai tipenya, dari sisi spesifikasi secara umum memiliki kapasitas mesin 1.485 cc dengan tenaga mencapai 107 HP atau 5.800 rpm. Sedangkan transmisi, semua produk Wuling berlabel Confero-Confero S mengandalkan manual 5-percepatan. Sedangkan kapasitas bahan bakar (BBM) mencapai 42 liter--menggunakan bensin.

Saat  pengunjung GIIAS 2017 menjajal produk Wuling Motors
Selain soal gambaran umum produk Wuling Motors tersebut, mereka juga berpegang pada filosofi yang memang telah menjadi anutan korporasi mereka sendiri. Drive for a better life, atau berkendara untuk kehidupan yang lebih baik.

Dari sisi filosofi itu sendiri cukup menggambarkan jika mereka memang menyasar pasar yang masih mementingkan kebutuhan keperluan keluarga, meski tetap terlihat gaya. Tak berlebihan kiranya jika ConferoS, misalnya, mengusung tema the real spacious family MPV. Sebab, di samping ruang di dalam kendaraan itu sendiri luas, 7-8 kursi.

Confero 1,5, misalnya, memiliki panjang mencapai 4.493 mm, luas 1.691 mm, dan tinggi 1.715 mm. Sedangkan Confero S, yang bertipe 1.5C atau 1,5L sedikit lebih panjang karena mencapai 4.530 mm, ngan luas sama denan tipe Confero biasa. Juga, Confero S sedikit lebih tinggi, mencapia 1.730 mm. Terkait tangki, semua tipe tersebut sama-sama memuat 42 liter.

Dari sisi mesin Confero atau Confero S, mereka menggunakan tipe mesin 4 Cyl in-Line DOHC, DVVT. Maksimal power mencapai 107/5.800 hp/rpm.

Sementara di dalamnya, untuk safety juga terdapat dual front SRS Airbag untuk Confero tipe C dan L. Selain itu, juga ada sensor depan dan belakang yang memudahkan untuk memarkir kendaraan. "Bahkan untuk informasi tekanan angin pun ada fitur khusus bernama TPMS atau tire pressure monitoring system," Arif menambahkan. Selain juga ada kamera untuk membantu memundurkan mobil lebih leluasa, namun ini hanya ada untuk Confero S tipe L.
Ketika Confero mengundang rasa penasaran

Tak kalah menarik--ini catatan penting bagi Anda yang berumah tangga dan memiliki bayi--Confero dengan semua tipenya memiliki ISO Fix Seat, dan ini adalah fitur khusus untuk mengunci kursi bayi di bangku baris kedua. Cukup menunjukkan, Wuling Motors tampaknya jeli melihat kebutuhan keluarga. Tak berlebihan jika Confero dan Confero S disebut sebagai kendaraan yang memang pantas direkomendasikan untuk keluarga manapun. Meskipun murah secara harga, namun tak murahan dari sisi fasilitas yang dijanjikan.

Bagaimana dengan perawatan? Ini memang menjadi sesuatu yang acap dikeluhkan dari produk-produk baru yang pernah ada di Indonesia. Terkait ini pihak Wuling Motors menegaskan jika itu tak ada yang perlu dikhawatirkan. "Sebab sebelum kami meluncurkan produk, kami sudah menyiapkan dulu after-sales, sehingga konsumen tak perlu sangsi di mana mencari suku cadang dan lain sebagainya," kata Arif. 

Ya, itulah yang kini membuat Wuling Motors tampak percaya diri berada di tengah gempuran berbagai produk yang lebih dulu memiliki nama. Tampaknya sentuhan lebih kebutuhan keluarga, menjadi satu jalan mereka untuk mengincar pasar, tanpa mengesampingkan kesan mewah, aman, dan menjanjikan kenyamanan. Masih penasaran dengan mobil anyar ini? Mungkin bisa Anda temukan jawaban itu dengan mengulik langsung ke dealer dan salesman mereka.

Posting Komentar
Adbox