dunia lain untuk bicara

20 Mei 2017

Mengulik Sudut Pandang dan Polemik Motor Matic

Maskot Federal Oil - Gbr: federaloil.co.id
Membanjirnya sepeda motor matic tak diikuti dengan pemahaman yang baik merawat tunggangan sendiri. Ini menjadi obrolan saya bersama teman-teman di kantor media olahraga di Jakarta, dari sekadar apa kendaraan teranyar, kelebihan kekurangannya, termasuk oli motor yang notabene menjadi "darah" bagi si kuda besi.

Apakah itu mengada-ada? Ajak saja bicara siapa saja pengguna matic di sekeliling, dan hampir dapat dipastikan akan ada yang memilih sekadar menjadi pengguna, dan tak ingin memusingkan persoalan bagaimana kondisi mesin, dan apa saja yang dapat membantu mesin tetap terawat.

Jawaban paling sering muncul adalah; lah sekarang bengkel sepeda motor ada di mana-mana. Setiap bermasalah, gampang, tinggal  boyong saja ke bengkel. Urusan selesai!

Padahal jika ditelisik lagi, apakah menggampangkan perawatan sepeda motor lantas akan begitu saja membuat situasi sebenarnya benar-benar gampang? Sejatinya, tidak.

Bayangkan jika kendaraan yang bisa digunakan bertahun-tahun dengan nyaman, tapi lebih sering merepotkan tanpa mengenal tempat dan waktu.

Keteledoran ini memang bukanlah "dosa" kalangan tertentu saja. Saya pribadi juga pernah memiliki "dosa" ini. Maka itu, belajar dari pengalaman, mencurahkan sedikit perhatian untuk kendaraan yang ditunggangi sendiri, riilnya juga adalah sikap yang membantu diri sendiri agar tidak direpotkan oleh hal-hal yang sejatinya dapat ditanggulangi.

Gara-gara menggampangkan persoalan, menyepelekan urusan perawatan; saya pernah harus melewati kawasan yang dipadati hutan yang sepi dan jauh dari penduduk, dengan hanya menyeret sepeda motor sendirian berkilo-kilometer.
Gbr: Federaloil.co.id

Jangan meremehkan perawatan
Karena meremehkan urusan perawatan sepeda motor, pernah juga saya harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak, karena  akhirnya sikap meremehkan itu telah membuat motor tersebut "berunjuk rasa" dengan caranya.

So, tak berlebihan jika dikatakan bahwa memberikan kepedulian dan perhatian kepada sepeda motor sendiri menjadi satu hal  sangat penting bagi siapa pun yang betul-betul tak ingin direpotkan oleh kendaraan yang dibeli untuk memudahkan mobilitas.

Ya, sekali lagi saya juga pernah melakukan kesalahan itu, lantaran kekeliruan dalam sudut pandang, dalam melihat sejauh mana pentingnya perawatan atas kendaraan sendiri. Dulu, yang terpikir adalah cara agar tak repot adalah betul-betul menghindar untuk merepotkan ini-itu terkait perawatan mesin dan berbagai tetek bengeknya. Meskipun sebenarnya memberikan sedikit perhatian tidaklah betul-betul merepotkan.

Hanya gara-gara tak ingin repot sedikit, yang terjadi harus mengalami kerepotan berlipat ganda; berjalan kaki berkilo-kilometer di kawasan yang jauh dari perkampungan penduduk, mencari bengkel. Belum lagi uang yang harus dikeluarkan tak sedikit. Ya, ketidakmauan membiarkan diri sendiri sedikit "repot", jadilah akhirnya benar-benar kerepotan dengan kondisi dan masalah yang jauh lebih besar.

Belajar dari pengalaman
Ya, belajar dari pengalaman itulah, syukurnya membantu saya untuk lebih peka terhadap mesin kendaraan yang saya tunggangi. Terutama bagaimana penting oli yang di kendaraan yang ditunggangi, menjadi hal yang tak lepas dari agenda wajib.

Terlebih lagi, kebetulan acap mendapatkan undangan dari komunitas motor, sedikit banyaknya membantu pemahaman lebih baik untuk melihat seberapa penting memberikan perhatian itu.

Tak berbeda dengan manusia, mencegah terjadinya penyakit jauh lebih baik daripada mengobati. Sebab mencegah, selain lebih mudah, juga lebih murah. Bandingkan dengan mengobati, tak hanya harus mengeluarkan uang banyak, lebih memakan waktu, lagipula bukan tak mungkin berakibat fatal.

Situasi mirip itu saya kira juga terjadi pada mesin kendaraan. Terlebih lagi bagi Anda pengguna matic. Kendaraan ini memang lahir dari teknologi yang ditujukan untuk memudahkan; bahkan Anda tak perlu serepot jika menunggang kendaraan bebek atau motor manual lainnya.

Tapi jika ketidakpedulian masih menjadi karakter Anda sebagai penunggang sepeda motor, bersiap-siaplah dengan berbagai kemungkinan buruk; memaksa Anda lebih berkeringat dari menyeret-nyeret motor yang rusak hingga memaksa dompet Anda mengeluarkan uang lebih banyak

Terutama matic, sudah tak asing lagi adalah kendaraan yang memang rentan mengalami berbagai
Federal menjadi brand yang kerap diganjar penghargaan -
Gbr: federal-lubricants.id
masalah. Entah bahan bakar seketika lebih boros dari biasanya, kecepatan berkurang, hingga timbulnya berbagai bunyi yang tidak mengenakkan.

Lagi-lagi, persoalan seperti itu tidak lahir dengan sendirinya, melainkan karena ada penyebab; yang nyaris tak dapat dipisahkan dari keteledoran kita sendiri.

Terutama motor matic, masalah paling sering dan dialami oleh sebagian besar penggunanya adalah mati mendadak. Kejadian itu memang tak lepas dari karakter matic sendiri, yang dapat saja sewaktu-waktu mengalami hilangnya kompresi yang diakibatkan--misalnya--oleh kerak karbon di ruang pembakaran.

Acapkali hal itu justru dipicu oleh persoalan bahan bakar hingga filter udara yang kotor hingga tarikan gas kian sulit, alhasil sebuah motor matic dapat sewaktu-waktu mengalami kondisi mati sendiri; saat berhenti di traffic light, atau bahkan saat sedang di tengah jalan. Jika terjebak situasi itu, berbagai risiko fatal tentu dapat saja terjadi.

Hal ini juga sempat berkelebat di benak saya saat hadir di salah satu acara dihelat PT Pertamina Lubricants, bertajuk Merawat Kendaraan Semudah Tersenyum pada April lalu. Agung Prabowo yang tak lain adalah Technical Specialist Pertamina Lubricants memberikan banyak masukan, termasuk di antaranya seputar pentingnya perhatian atas kondisi oli.

"Sebab oli jelas sangat penting sebagai pelumas komponen mesin," kata Prabowo, saat itu, yang juga saya kutip di artikel terkait (di sini).

Maka itu, bersikap awas menjadi hal wajib; terutama bagi penulis sendiri yang karena dalih kesibukan pekerjaan acap terlupa kapan harus mengganti oli dan lain sebagainya.

Persoalan busi, misalnya, yang sudah bukan rahasia paling sering menjadi pemicu sehingga motor ditunggangi justru mati  mendadak. Selidik punya selidik, urusan busi ini pun tak lepas dari pengaruh bensin yang terisap melampaui jumlah dibutuhkan, alhasil ruang mesin melembat dan gampang kotor. Efeknya, konsleting hingga busi mati.

Atau, jika tidak, ketidakpedulian pada masalah oli, sehingga ruang mesin jadi terlalu lembab atau bahkan basah, karena terjadi kebocoran oli hingga merembet ke ruang mesin. Lagi-lagi efeknya ke busi, dan berisiko matic Anda mati mendadak di perjalanan.

Lebih jauh lagi, terkait pelumas sendiri pun jika tekanan minyak terlalu tinggi, juga bisa berdampak pada penyumbatan, hingga terjadi risiko terlalu jauh berupa kerusakan pada sistem pelumas kendaraan Anda.Terlalu rendah pun bisa berdampak serius.

Katakanlah pelumas terlalu encer, praktis minyak pelumas pun sulit untuk mencapai kestabilan semestinya.

Federal Matic sebagai solusi preventif
Beruntung, seiring merebaknya berbagai persoalan berkaitan dengan motor matic, perusahaan-perusahaan terkait pun terlihat tak ingin ketinggalan. Federal Matic 30 menjadi salah satu di antaranya, yang memang dilahirkan untuk membantu menjaga performa motor, dengan produk yang memang ditujukan sebagai oli motor matic.

Kelebihan oli yang dikhususkan untuk matic ini adalah adanya Viscoelastic molecules untuk meningkatkan akselerasi  dan ketahanan mesin, juga Active Moly guna melindungi gesekan antar komponen mesin sehingga menjaga suhu mesin tetap dingin. Tak ketinggalan, Double ACT Cleaner pun menjadi bagian kelebihan oli tersebut yang berfungsi untuk membersihkan kotoran di permukaan komponen mesin. Selain, juga membantu kinerja mesin menjadi lebih optimal.

Tapi tentu saja, berbagai saran dan petunjuk dalam perawatan pun tak dapat diremehkan. Sebut saja misalnya mengganti oli per 2.000 km atau sekitar dua bulan sekali. Di samping, perlu juga menjaga agar peka terhadap  kondisi jalan, debu, macet, hingga bahan bakar,  udara panas. Tak terkecuali pola
berkendara pun turut berpengaruh, sehingga harus tetap diperhatikan karena sering berpengaruh langsung pada nasib mesin tunggangan Anda.

Federal Matic tersebut memang spesifik ditujukan untuk kendaraan-kendaraan tertentu, terutama PCX Series, Vario Series, Scoopy Series, Spacy Series, dan Beat Series.

Hal istimewa juga terkait kelebihan oli tersebut, seperti dikutip dari otomotifzone, Federal Matic pernah diuji dalam endurance journey sepanjang 3.500 km dari Sumatra hingga Jawa.Hasilnya, motor yang menggunakan oli tersebut tetap stabil dan tak sampai mengalami kehilangan power, bahkan mesin pun menjadi lebih perkasa dibandingkan dengan  oli standar. Jadi, tak berlebihan kiranya jika produk itu mengusung tagline, 2x lebih efektif, 2x lebih kencang, dan dua kali lebih bandel.

Untuk matic sendiri, Federal Oil yang terkenal sebagai oli motor terbaik memiliki pilihan berbeda; Federal Matic 40, Federal Y-Matic, Federal UltraTec Matic, Federal Gear Oil Matic--untuk melancarkan perpindahan gigi transmisi. Dan intinya, jika dengan donor darah Anda dapat menyelamatkan manusia, kendaraan Anda pun membutuhkan "donor darah" yang tepat, dan Federal Oli menjanjikan satu solusi.*



Posting Komentar
Adbox