dunia lain untuk bicara

27 April 2017

Tiga Bintang Sepak Bola Spanyol Kalah Pamor di Negeri Sendiri

Berkarier di negeri sendiri, berstatus bintang, namun tersalip oleh para pemain pendatang menjadi pemandangan kontras di La Liga alias Liga Spanyol. Setidaknya itu terjadi atas para bintang di klub Celta Vigo, Athletic Bilbao, dan Real Madrid sendiri.

Potret tersebut memang tak dapat dilepaskan dari fakta keberadaan para bintang kelas dunia justru berkarier di kompetisi negara yang juga berjulukan "Negeri Matador" itu. Pasalnya, selain terdapat Lionel Messi, Luis Suarez, Cristiano Ronaldo, ataupun Antoine Griezmann di klub-klub sekelas FC Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid.

Berikut para pemain tersebut, yang hingga kini menjadi pemain yang sangat menonjol di tim mereka, namun masih berada di bawah para bintang papan atas La Liga:

Iago Aspas - Celta Vigo
Aspas saat merayakan gol ke gawang FC Barcelona - Gbr: AS

Dari para penyerang asal Spanyol di La Liga, hanya Iago Aspas sejauh ini yang bahkan mampu menyamai bintang Atletico, Griezmann. Pasalnya, dari para pemain dalam negeri, hanya Aspas yang telah mencetak 16 gol, terbanyak di klubnya sekaligus pemilik gol tertinggi dari seluruh pemain Spanyol yang berkarier di dalam negeri.

Aspas adalah pemain kelahiran 1 Agustus 1987, dan memiliki tinggi badan mencapia 176 cm dengan berat mencapai 67 kg. Dia terkenal sebagai pemain kidal. Kariernya lebih banyak dihabiskan di Celta Vigo sejak 2006/07, dan pernah membela Liverpool pada musim 2013/14, selain juga di Sevilla pada 2014/15.

Di Liga Spanyol, baru musim inilah dia telah mencetak gol paling banyak dalam satu musim. Setidaknya dari 28 pertandingan telah dijalaninya, telah 16 gol ditorehkannya. Sebelumnya, di level liga, paling banyak hanya mencapai 14 gol dan itu ditorehkannya pada musim lalu. Saat di Liga Inggris, dia sama sekali tidak mencetak gol, itu pun karena hanya dipercayakan tampil dalam 14 laga dan hanya empat kali di antaranya dipercayakan sebagai starter.

Aritz Aduriz - Athletic Bilbao
Aritz Aduriz, makin tua makin menggila - Gbr: AS

Dia terhitung sebagai pemain berstatus penyerang yang sama sekali tak dapat dikatakan muda lagi. Pasalnya kini ia telah berusia 36 tahun, kelahiran 11 Februari 1981. Ia memiliki tinggi badan mencapai 182 cm dengan berat mencapia 78 kg.

Karier terlamanya dihabiskan di Athletic Bilbao dan di La Liga pernah mencatat gol hingga 20 gol dalam satu musim, meski itu baru dicatat hanya pada musim lalu, 2015/16. Sedangkan musim ini dia baru mencetak 14 gol dari 27 laga telah dimainkannya, dan berada di posisi kedua setelah Aspas sebagai pemain Spanyol paling banyak mencetak gol.

Meski ia telah menjadi ikon Bilbao, namun ia juga pernah berkarier di beberapa klub lain, dan seluruhnya hanya di La Liga. Selain pernah di Real Valladolid, Mallorca, juga pernah membela Valencia selama dua musim pada 2010/11 dan 2011/12.

Alvaro Morata - Real Madrid

Musim ini dia telah menjadi pemain yang menyumbang gol terbanyak kedua setelah Ronaldo - Gbr: AS
Pemain yang berstatus penyerang kelahiran 23 Oktober 1992 ini terbilang paling muda di antara pemain dalam negeri Spanyol yang telah mencetak gol paling banyak. Di klubnya sendiri, pada musim ini, dia menjadi pemain kedua terbanyak mencetak gol setelah Cristiano Ronaldo.

Jika Ronaldo telah mencetak 19 gol dari 33 pekan liga telah dimainkan Madrid, Morata telah membukukan 13 gol, menyalip pemain sekelas Karim Benzema ataupun Gareth Bale.

Banyak pengamat sepak bola meyakini, dia akan menjadi bintang masa depan Madrid dan juga Spanyol sendiri. Terlebih tim nasional Spanyol pun makin sering mengandalkannya di pertandingan internasional.

Karier Morata sejauh ini memang paling banyak dihabiskan di Madrid, lantaran ia pun adalah jebolan La Fabrica alias Akademi Real Madrid. Namun ia juga pernah menghabiskan dua  musim di Liga Italia bersama Juventus, dan mencetak 15 gol di Serie A.

Musim ini, dengan 13 gol telah dibukukannya (masih berpeluang bertambah), terjadi dalam 22 laga telah ia mainkan meski hanya 12 kali dipercayakan sebagai starter. Selain itu, musim ini dia pun telah mencetak tiga gol di kompetisi Liga Champions meski tampil dalam tujuh laga dan hanya sekali menjadi starter.

Sekarang, ketiga pemain itulah yang sedang memperebutkan satu trofi yang hanya diperuntukkan untuk pencetak gol terbanyak khusus pemain dalam negeri Spanyol, Zarra Trofeo. Pemain manakah yang akan meraih penghargaan paling bergengsi bagi pemain Negeri Matador itu? Persaingan belum berakhir, dan mereka masih bertarung untuk berebut gelar tersebut.*
Posting Komentar
Adbox